Monday, June 23, 2014

Inggris Pulang, Gerrard: Saya Yang Tanggung Jawab!

Brasil - Entah apa yang ada di benak Steven Gerrard sekarang. Usai gagal membantu Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris, gelandang bertenaga ini juga urung membawa Inggris untuk bisa lolos dari fase knock-out Piala Dunia 2014.

Tandukannya ke rekan sekaligus lawannya, Luis Suarez di dalam laga kontra Uruguay di penyisihan grup D Piala Dunia 2014 menjadi penyebab kekalahan The Three Lions. Dengan kemenangan Kosta Rika atas Italia, Inggris pun pulang lebih awal dari yang diperkirakan.

Pada akhirnya, ia harus mengakui kalau ini adalah momen terburuk sepanjang karirnya. "Saya sangat sedih. Saya merasakan sakit yang sangat mendalam," ucapnya.

"Saya sangat frustrasi karena kalau dilihat dalam dua laga terakhir, kami sebenarnya pantas mendapatkan sesuatu," pandang Gerrard.

Tidak hanya itu, pria berusia 34 tahun tersebut juga menyesal telah memberikan keluasaan bagi striker Uruguay, Luis Suarez mencetak gol. "Anda tidak dapat memberikan pemain kelas dunia mendapatkan kesempatan. Ketika Anda di atas lapangan, Anda harus lebih kuat dibanding pemain lain," ucapnya.

"Ini yang membuat saya kecewa," jelas Gerrard yang dilansir oleh Mirror.

Siap Tanggung Jawab


Tersingkirnya Inggris memang sangat mengejutkan. Lantaran bukan soal persiapan saja yang sudah maksimal, tetapi materi yang dimiliki oleh Roy Hodgson sangat mumpuni.

Akan tetapi, tidak ada alasan buat sang kapten untuk mencari apa yang salah. Gerrard hanya ingin bersikap layaknya pemimpin, bertanggung jawab atas sebuah kegagalan.

"Sebagai seorang pemimpin, saya bertanggung jawab sepenuhnya atas apa yang terjadi. Yang bisa kami lakukan adalah tetap bersama. Kami harus melupakan kegagalan ini secepatnya. Kami harus memikirkan para suporter," tegas Gerrard.

Pikirkan Mundur

Satu hal lagi yang mengganjal pikiran Gerrard. Selain bagaimana ia harus membangkitkan semangat rekan-rekannya jelang laga terakhir kontra Kosta Rika.

Adalah soal kapan ia akan mengumumkan pensiun dari Timnas Inggris. Memang sebelum Piala Dunia digelar, Gerrard telah menegaskan kalau ini jadi kesempatannya terakhir. 

Akan tetapi, ia butuh waktu lagi untuk benar-benar secara matang memutuskan. "Saya tidak akan membuat pengumuman tersebut dalam seminggu kedepan. Saya butuh waktu. Saya juga akan berbicara dengan manajer dan beberapa orang yang saya hormati," pandangnya.

"Ini akan menjadi hal yang besar bagi saya. dan saya akan katakan kalau waktunya sudah tiba," tutup Gerrard.

No comments:

Post a Comment