Friday, October 26, 2012

Everton, Sentuhan Biru Dalam Hidup Steven Gerrard (Part 1)

Steven Gerrard dan Everton. Dua hal yang berbeda dengan kutub prestasi yang berbeda pula. Sebelum kita mulai, kita akan jabarkan dulu statistik pertemuan Steven Gerrard dengan Everton dalam kurun waktu 14 tahun terakhir bersama Liverpool.

Dalam 14 tahun (15 musim), Steven Gerrard telah tampil sebanyak 27 kali untuk Liverpool di Derby Merseyside dengan torehan 8 gol (+1 hattrick). Dua kartu merah berhasil Stevie G dapatkan kala melakoni laga Derby Merseyside. Salah satu diantaranya merupakan kartu merah pertamanya.

Pada pertandingan terakhir di Anfield yang berakhir 3-0 untuk LFC, Stevie G mencetak hattrick dengan shooting accuracy 100 persen. Laga Derby Merseyside terakhir menjadi laga Derby terbaik Steven Gerrard sepanjang karirnya. Dirinya sangat puas dengan penampilannya

Yang lebih membanggakannya lagi, Gerrard kala itu berhasil respon nyanyian nyeleneh 'Steven Gerrard baby' dari para Evertonian via hattrick. Steven Gerrard puas karena berhasil membungkam nyanyin Steven Gerrard's baby yang justru ditujukan untuk keluarga besar Gerrard itu sendiri.

"Secara pribadi, malam itu sangat spesial untukku. Aku mencetak hattrick dan mampu melakukan hal itu adalah prestasi tertinggiku. Salah satu golku saat itu berhasil menghujam mulut-mulut penggemar Everton yang mengolok-ngolok keluargaku dengan lagu itu. Lagu itu seperti membuat diriku terinspirasi untuk mencetak hattrick dan aku berhasil melakukannya. Bahkan aku ingin membalasnya dengan 'Pulang sana dan nyanyi sepuasnya, tetapi ingat siapa yang mencetak hattrick yaaaa'" ungkap Gerrard.

"Aku bermain bagus vs Everton dalam beberapa tahun tetapi malam itu sangat memuaskan. Tetapi sekarang, aku harus memulainya lagi. Kalau Anda selalu bangga dengan raihan prestasi terlalu, itu hanya membuat Anda berhenti dan kembali ke masa lalu saja." jelasnya.

Namun seberapa dekat sih hubungan Steven Gerrard dengan Everton?

Tentu kalian masih ingat cerita di balik foto Steven Gerrard berseragam Everton yang sampai saat ini masih dipermasalahkan penggemar Everton. Paman dari Stevie G yang membuatnya sempat berkostum Everton. Kala itu Stevie G memenangkan kompetisi yang hadiahnya mejeng di Goodison.

Bahkan, Ayah Stevie G, Paul sempat marah besar karena Pamannya membuat Stevie G berkostum Everton meski bukan sebagai pemainnya. Namun anak kecil mana sih yang tidak ingin dapat hadiah mejeng gratis bersama trofi klub meski itu adalah dari kubu yang bertentangan?

Namun itu adalah terakhir kalinya Stevie G berkostum Everton. Selebihnya, sejak usia sembilan tahun dirinya secara tekun mengenakan kostum Liverpool. Believe it or not justu Everton yang sempat mengejar-ngejar Stevie G saat dia baru masuk akademi Liverpool. Potensi yang jadi perhatiannya. Pada suatu malam, ayah Stevie G mendapatkan telepon dari akademi Everton untuk bernegosiasi barangkali anaknya bisa mereka angkat jadi pemain.

Bahkan sejak malam itu, Ayah Stevie G seperti diteror kubu Everton agar menyerahkan anaknya kepada mereka. "Aku tidak sadar saat ayahku berkata Everton tertarik denganku karena aku masih sangat kecil untuk memilih klub mana yang aku ingin bela. Arah hidupku, jalan yang aku akan ambil dan opsi yang aku pilih semuanya dimulai dari hari itu. Aku hanya seorang bocah berusia 8 tahun saat tu. Tetapi sebuah api cinta telah dinyalakan sejak itu. Dukungan dari Liverpool tidak menghentikanku untuk menjajal bermain untuk klub lain karena aku bisa membandingkan mereka dengan Liverpool. Tetapi saat bermain untuk mereka, aku tidak mendapatkan perasaan yang sama, dan cinta yang sama dengan yang aku dapatkan bersama Liverpool." ujar Gerrard.

Meski itu, Stevie G tidak berusaha menyembunyikan rahasia kalau dirinya pernah ikutan trial bersama Everton. Dia bukan pendusta. Karena dirinya rela untuk trial bersama Everton agar ayahnya dapat melepas beban pikiran dari tekanan-tekanan itu. "Everton sangat ingin menawariku kontrak tetapi mereka tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk itu. Mereka menekan ayahku sepanjang waktu untuk memastikan aku bermain dengan mereka dan pada akhirnya aku melakukannya. Aku ikutan uji coba bersama mereka agar beban pikiran yang Ayah tanggung akibat tekanan itu berkurang." akunya.

Saat trial bersama Everton, Stevie G hanya bermain selama setengah babak sebelum digantikan anak-anak lainnya yang menunggu antrian. Stevie G sampai sekarang tidak tahu mengapa dirinya hanya dimainkan setengah babak oleh Everton saat trial. Mungkin mereka menyesal sekarang. karena dulu Stevie G mengalami masalah dengan pertumbuhan, pada usia 8 tahun badannya kecil dan hanya memiliki tinggi 120 cm saja. Bahkan karena tubuh kecilnya tersebut, Steven Gerrard pernah ditolak masuk SSB Lilleshall. Salah satu sekolah bola paling beken saat itu. "Aku bermain untuk mereka pada hari itu dan digantikan keluar di babak kedua. Aku tidak tahun mengapa. Aku pikir mereka muak dengan permainanku tetapi aku ingat saat itu banyak anak-anak lainnya yang ingin mencoba kemampuan mereka. Aku heran. Mereka berbulan-bulan memintaku untuk bermain bersama mereka tetapi pada hari itu, mereka mengeluarkanku dari lapangan" tambah Gerrard.

Kalau kalian berpikir Stevie G trial bersama Everton tanpa izin dari Liverpool. Itu salah besar. Justru Liverpool yang menyuruhnya mencari pengalaman. Namun kepala akademi saat itu, Steve Heighway hanya mewanti-wanti ayah Stevie G agar tidak melepaskannya ke klub lain karena Liverpool butuh Stevie G. "Steve Heighway senang karena aku bisa mengikuti uji coba dengan tim lain untuk memperlihatkan dan mengetes kemampuanku. Tetapi Steve selalu menitipkan sebuah pesan kepada ayahku. Dia berkata "Jangan lakukan kebodohan karena kita butuh dia". (Continue)

No comments:

Post a Comment