Tuesday, June 05, 2012

Gerrard: Merendah dan Jangan Berharap Terlalu Tinggi, Inggris

London - Jelang Piala Eropa 2012, banyak kalangan yang memprediksi Timnas Inggris akan kembali mengulangi kegagalan terdahulu, yaitu gagal meraih partai puncak atau menjuarai turnamen, apalagi dengan komposisi para pemain yang meragukan dengan ekspektasi dari pendukungnya yang tinggi pula. Namun, sang kapten, Steven Gerrard mencoba sedikit mengurai kegelisan dan keraguan yang muncul dengan menyarankan Inggris untuk tidak berharap setinggi mungkin.

Kegagalan The Three Lions merebut piala paling bergengsi di daratan Eropa ini sering didasari oleh ketidakmampuan mereka untuk menekan sifat underestimate kepada lawan. Apalagi, susunan pemain yang dibawa setiap keikutsertaan mereka adalah pemain-pemain kelas atas di liga kelas atas pula. Pertanyaan pun muncul dan jawaban pun masih digantung oleh diri mereka sendiri.

"Tim dan skuad dibentuk dari pemain-pemain generasi keemasan dan harapan serta tekanan yang semakin tumbuh tiap tahunnya. Kita selalu diharapkan untuk mempersembahkan sesuatu di turnamen besar yang artinya kita akan masuk ke final atau memenangkan trofi." urai Gerrard.

Menurut Gerrard, jika para pemain atau pendukung tidak mengharapkan sesuatu yang lebih tinggi, mungkin itu dapat membantu Inggris mencapai apa yang diinginkan. Karena semakin rendah ekspektasinya, tekanan yang diberikan pun turut menjadi rendah atau setidaknya membuat para pemain nyaman dengan posisi mereka saat berjuang di lapangan. "Kita selalu diunggulkan pada turnamen-turnamen sebelumnya dan mungkin karena kita belum dapat meraih satu gelar pun, ekspektasi seperti itu mungkin akan berkurang. Tetapi itu dapat membuat kita nyaman dan berubah menjadi sesuatu yang positif." pandangnya seperti yang dilansir Telegraph.

"Aku akan sangat bodoh jika aku menetapkan tujuan akhir atau target apapun. Tentunya, mimpi tiap orang adalah untuk bisa memenangkan sebuah turnamen tetapi ini akan sangat bodoh apabila kita menetapkan hal tersebut sebagai target." tambah pria berusia 32 tahun tersebut.

Gerrard kemudian mencontohkan banyak tim-tim yang berhasil menjadi juara Piala Eropa walaupun mereka tidak difavoritkan sama sekali. "Ada banyak tim-tim yang telah memenangkan turnamen ini namun tidak diunggulkan sebelumnya. So, kita harus berjuang dan melakukan semampu kita. Kalau kita bersatu, kalau kita dapat sedikit keberuntungan, kita akan mampu mengatasi rintangan tersebut di perempat final." tutupnya.

Gerrard akan memimpin rekan-rekan satu negaranya pada ajang Piala Eropa 2012 yang akan dimulai pada 9 Juni mendatang. Partai pertama melawan Perancis akan menjadi tolak ukur sejauh mana Inggris akan melangkah.

No comments:

Post a Comment