Tuesday, May 01, 2012

Roy Hodgson Resmi Melatih Timnas Inggris

London - Asosiasi sepakbola Inggris atau FA secara resmi menunjuk mantan manajer Inter Milan, Liverpool dan West Bromwich, Roy Hodgson untuk menjadi manajer Timnas Inggris menggantikan Fabio Capello yang mengundurkan diri. Kontrak empat tahun yang ditawarkan FA disetujui oleh Hodgson setelah dirinya melewati tes interview bersama pejabat FA pada Senin, (30/4) lalu.

Ini adalah ketiga kalinya pria berusia 64 tahun ini menangani sebuah timnas. Pada 1992 silam, Hodgson pernah cukup sukses membuat Swiss sebagai tim yang paling disegani era itu. Sempat menembus babak 16 besar di Piala Dunia 1994, Hodgson mampu meloloskan Swiss dengan mudah ke UERO 1996 di Inggris. Namun dirinya memutuskan meninggalkan Swiss setelah menerima kontrak untuk menangani Inter Milan. Swiss pun hancur di Piala Eropa 1996.

Kesempatan kedua melatih sebuah timnas datang saat dirinya ditunjuk untuk menukangi timnas Finlandia pada 2006 lalu. Namun tidak sesukses saat menangani Swiss.

Hodgson dikenal sebagai pelatih yang mampu mengangkat tim biasa saja menjadi sebuah tim yang disegani banyak lawan. Ini dia buktikan saat dirinya membesut Fulham dan West Bromwich pada 2007 dan sekarang ini. Setelah cukup sukses bersama Inter Milan dengan finish di urutan ketiga dan posisi runner-up Piala UEFA 1997, Hodgson juga sempat membawa Fulham masuk final Europa League 2010 lalu, Hodgson meninggalkan Craven Cottage untuk menukangi Fulham. Catatan buruk Hodgson sebagai manajer sepaknola sangat terekspos saat dirinya menangani Liverpool. Hanya mampu memenangi 13 laga dengan sembilan kekalahan dan membawa Liverpool sebagai tim papan bawah Liga Inggros di awal musim 2010-2011, pria kelahiran Croydon tersebut dipecat manajemen Liverpool pada 8 Januari 2011 dan digantikan oleh Kenny Dalglish

Roy Hodgson adalah salah satu pelatih paling berpengalaman di Inggris maupun di Eropa. Punya kecenderungan bermain dengan 4-4-2, pecinta grup band The Rolling Stones ini dikenal sebagai sosok yang kalem namun ganas di ruang ganti pemain. Ujian pertama Roy Hodgson sebagai manajer timnas Inggris akan terjadi saat The Three Lions menggelar pertandingan persahabatan melawan Norwegia pada 26 Mei dan Belgia pada 2 Juni mendatang sebelum berangkat ke Ukraina-Polandia untuk EURO 2012 pada Juni mendatang.

No comments:

Post a Comment