Wednesday, March 14, 2012

3 Gol Penuh Makna Gerrard Bawa The Reds Hempaskan Everton

Liverpool - Bermain penuh dan aktraktif, menginspirasi rekan-rekannya serta mencetak 3 gol membuat malam derby panas Merseyside bagi Steven Gerrard begitu indah untuk dikenang. Melakoni laga Liga Inggris ke 400-nya, kapten Liverpool ini mempersembahkan malam indah untuk para pendukung The Reds yang hadir di Anfield saat Liverpool menjamu sang tetangga dekat, Everton, Kamis (14/3) dini hari.

Walaupun tidak diperkuat bek sayap kanan lincah mereka, Glen Johnson, Liverpool tetap mempu bermain menekan sejak menit pertama. Dengan koordinasi serangan berada dikendali Gerrard, anak-anak asuhan Liverpool berhasil menciptakan beberapa peluan emas seperti tendangan Gerrard dan Suarez yang masih dapat diblok penjaga gawang The Toffees, Tim Howard. Liverpool akhirnya dapat memecah kebuntuan di menit ke 38 saat Steven Gerrard berhasil memanfaatkan bola liar hasil sergapan Martin Kelly yang diblok Tim Howard. Gerrard yang melihat gawang tanpa penjagaan tersebut langsung memberikan sedikit 'lay' ke arah gawang untuk menjadikan sebuah gol. 1-0. Skor ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Everton berusaha tampil lebih menyerang melalui sergapan Steven Pienaar. Namun ketangguhan barisan pertahana Liverpool yang digalang Jamie Carragher membuat usaha anak-anak asuha David Moyes tersebut sia-sia. Bukannya mencetak gol, justru gawang mereka kebobolan lagi di menit 0. Dan Steven Gerrard menjadi aktornya.

Diawali dengan liukan Suarez dari sayap kanan, Gerrard yang menunggu dan mencari posisi bebas mampu menerima umpan manis Suarez sebelum melampiaskan sebuah tendangan jarak dekat yang menembus gawang Howard. 2-0. Captain Fantastic tersebut mampu menuntaskan misinya untuk mencetak hattrick keempatnya untuk Liverpool di menit 92. Rapuhnya barisan pertahanan Everton membuat mudah Luis Suarez menerobos masuk sebelum memberikan umpan lagi ke Gerrard. Tanpa kesulitan, pria berusia 31 tahun tersebut menceploskan sebuah gol lagi. 3-0.

Kunci kemenangan telak Liverpool atas Everton ini ada di penempatan posisi Gerrard yang terlihat lebih leluasa bergerak. Dengan formasi 4-4-2 dan Jay Spearing sebagai penjaga kedalaman tim, Stevie mampu bereksplorasi lebih bebas apalagi Kenny Dalglish menempatkan posisi Jordan Henderson agak berada di sayap kanan. Namun tidak dapat dipungkiri peran sentral Gerrard dan pergerakan berbahaya Luis Suarez menjadi faktor utama 3 gol bersarang di gawang Everton

Publik Anfield pun berpesta dengan hasil ini. Selain gengsi dan reputasi, 3 poin yang mereka dapatkan setidaknya mampu memperpendek jarak dengan Newcastle yang ada di posisi keenam. Untuk Steven Gerrard, gol ini semakin menandakan kalau dirinya adalah gelandang terbaik Inggris dan Liverpool atau mungkin dunia yang pernah ada.

No comments:

Post a Comment