Sunday, February 05, 2012

5 Alasan Kenapa Steven Gerrard Layak Jadi Kapten Utama Timnas Inggris #StevieGForEnglandCaptain

Setelah John Terry resmi dicopot oleh FA dari jabatannya sebagai kapten Timnas Inggris, Fabio Capello mungkin tidak memiliki pilihan lain selain menunjuk Steven Gerrard sebagai kapten. Apalagi opsi lainya, Rio Ferdinand sudah mengatakan tidak akan mengemban jabatan limpahan dari Terry tersebut.

Mungkin sebagian besar masyarakat pemerhati sepakbola Inggris, khususnya Timnas Inggris setuju apabila Gerrard sekali lagi diberikan mandat untuk memimpin rekan-rekannya di lapangan. Apalagi, EURO 2012 akan segera dimulai dalam waktu kurang dari 4 bulan lagi. Namun apakah yang membuat Fabio Capello harus memilih Gerrard ketimbang memilih kandidat lainnya? berikut 5 alasannya.

1. Unquestioned Leadership:

Yap, kepemimpinan yang tidak perlu dipertanyakan lagi sudah menjadi ciri khas dari Steven Gerrard. Sudah 9 tahun lamanya, Gerrard memimpin rekan-rekannya di Liverpool dan banyak memberikan inspirasi bagi semua orang. Banyak gelar yang Liverpool dan Gerrard raih merupakan hasil dari determinasi kepemimpinan Gerrard. Apabila kita harus mengambil contoh, Final Liga Champions 2005 di Istanbul bisa menjadi contoh. Harus tertinggal 3-0 terlebih dahulu dari tangan AC Milan, Gerrard coba bangkitkan semangat rekan-rekannya melalui sebuah gol di awal babak kedua yang kemudian menjadi gol pemetik semangat para pemain Liverpool. Dan Liverpool pun berhasil merengkuh titel juara Liga Champions kelimanya lewat pertarungan dramatis. Gerrard bukanlah pemimpin yang hanya mampu berteriak-teriak, namun Gerrard adalah model pemimpin yang lebih suka memberikan isnpirasi dan contoh kepada rekan-rekannya apabila Liverpool sedang mengalami kebuntuan.

2. Attitude

Terlepas dari kejadian pemukulan yang dia lakukan pada 2009, Steven Gerrard adalah seorang pemimpin yang mempunyai perilaku di dalam dan di luar lapangan sangat baik. Selama 14 tahun bersama Liverpool, Steven mampu menjaga imej dirinya sebagai pesepakbola profesional yang sangat menjunjung tinggi fair play. Kita ambil contoh saat pemain Oldham, Tom Adeyemi mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan dari pendukung Liverpool. Mengetahui Adeyemi yang menangis setelah mendapatkan perlakuan seperti itu, Steven Gerrard menghampiri Adeyemi dan menenangkan emosinya sebelum masuk ke ruang ganti. Yap, sikap ini yang harusnya dimiliki pemimpin atau kapten Timnas Inggris.

3. Kapabilitas Permainan

Siapa sih yang tidak meragukan keterampilan Steven Gerrard dalam mengolah si kulit bundar? selama 14 musim bersama Liverpool, Gerrard sudah mengoleksi 145 gol dalam 570 pertandingan. Bukan hanya Liverpool, Gerrard juga sangat tajam di skuda The Three Lions. Sumbangsih 19 gol sejak pertama kali dipanggil bermain untuk Inggris pada tahun 2000 membuktikan betapa tajamnya Steven Gerrard. Umpan-umpan akuratnya pun sering berujung dengan gol bagi rekan-rekannya. Gerrard akan lebih tajam jika dirinya ditempatkan pada posisi second striker. Walaupun masih sering dikritik saat dirinya belum mampu bekerja sama dengan Frank Lampard di lapangan tengah Inggris, Gerrard tetap menjadi yang paling berpengaruh apabila dirinya absen.

4. Inspiratif

Menginspirasi rekan-rekannya dan para fans mungkin telah menjadi menu utama Steven Gerrard yang harus matang dikerjakan setiap kali Liverpool atau Timnas Inggris berlaga. Walaupun dirinya berposisi sebagai penyokong bola di depan, tidak jarang Gerrard rela untuk turun ke belakang untung menghadang pergerakan lawan. Ketika timnya tertinggal, dia tidak menyuruh rekan-rekannya untuk segera mengejar ketertinggalan. Namun melalu aksi dan pengorbanan, Stevie G terkadang menjadi solusi bagi Liverpool itu sendiri. Lihat saja apa yang terjadi di Piala FA 2006. Tertinggal dua kali oleh Westham, Stevie G juga dua kali menyelamatkan Liverpool sekali lagi melalui tendangan keras khasnya. Maka, jangan heran kalau seorang legenda dunia seperti Zinadine Zidane menyebut Steven Gerrard adalah salah satu gelandang inspiratif terbaik dunia saat ini.

5. Bertanggung Jawab

Steven Gerrard bukanlah tipe kapten sepakbola yang hanya menyalahkan kawan maupun lawan secara individu di saat timnya mengalami kekalahan. Sejak Gerrard melakukan debut pada 1999, belum pernah terdengar sekalipun pernyataan Gerrard yang menyalahkan kawan sendiri atau menyalahkan lawan atas kekalahan Liverpool atau Timnas Inggris. Dia lebih memilih memukul rata kesalahan kepada dirinya yang lebih menimbulkan kesan kesalahan ada di dia dan dia yang akan bertanggung jawab. Sikap ini dipuji banyak kalangan bukan hanya karena dia bersikap seakan dia yang menanggung beban, namun juga karena Gerrard adalah tipe pemimpin yang mampu bertanggung jawab sekaligus menemukan jalan keluar dari masalah bagi timya. Tidak heran, banyak pemain-pemain muda Inggris atau Liverpool yang sangat mengidolakan dirinya dan oleh karena itu Gerrard pun diangkat menjadi duta kota Liverpool sebagai tujuan agar anak-anak mampu mencontoh sisi positif apa yang selama ini Steven Gerrard telah tunjukkan.

Setelah melihat keempat poin penting alasan mengapa Steven Gerrard layak untuk memegang jabatan kapten Timnas Inggris lagi, masihkah dari kalian ada yang meragukannya? #StevieGForCaptain

2 comments:

  1. Welldone mate! Kinda like your blogging here.
    YNWA, don't forget to visit mine.

    ReplyDelete
  2. Nyanyut Luverpool20 February 2012 at 21:07

    That's why I love him sooooo much!! :* Jadi atau ngga, aa gerrard kapteni inggris. Dia ttap kapten di hatiku.. :D

    ReplyDelete