Sunday, July 10, 2011

Ian Ayre: Stadion Baru Jalan Terbaik Liverpool

Kemanakah nasib Anfield???
Liverpool - Publik Anfield sedang menghadapi persoalan yang sangat dilematis dalam menentukan masa depan stadion kebanggan mereka. Liverpool yang saat ini tengah sibuk mempersiapkan skuad terbaik mereka jelang musim kompetisi yang baru kembali disibukkan dengan permasalahan lainnya yang berhubungan dengan kandang mereka, Anfield. Liverpool setidaknya menghadapi dua tuntutan publik yang memang sudah ada sejak 2-3 musim yang lalu ketika Liverpool masih dipegang duo konglomerat asal Amerika Serikat, Tom Hicks dan George Gillet yaitu pembangunan stadion baru atau merenovasi Anfield namun saat itu pengerjaan baru sampai tahap perencanaan karena Liverpool dirudung masalah finansial selama 2 musim berturut-turut.

Berbicara untuk Liverpoolfc.tv, Managing Director Liverpool, Ian Ayre mengungkapkan kemajuan dari dua opsi yang sangat membuat publik Anfield terjebak dalam sebuah dilema. " Dalam 9 bulan sejak pemilik baru mengambil alih, sebuah proyek besar telah diambil alih oleh arsitektur terdepan, konsultan, ahli-ahli industri dan pemerintah kota Liverpool untuk mengeksplorasi pembangunan sebuah stadion baru disamping mengeksplorasi solusi renovasi Anfield yang dapat memperbesar pertumbuhan kapasitas stadion selagi mempertahankan warisan dan atmosfer yang membuat Anfield seperti Liverpool Fc sendiri. Bagaimanapun juga, dengan pengambil alihan lahan atau properti, Isu lingkungan dan undang-undang menciptakan halangan-halangan untuk semua ambisi kita. Hal itu tidak memperlihatkan kalau ada cara lain yang dapat kita tempuh kecual ada beberapa perubahan signifikan di area tersebut " ungkap Ian Ayre yang tahun ini menjadi tahun pertama dia menjabat sebagai Managing Director klub di Liverpool.

Lanjutnya, Ian Ayre menyatakan bahwa bukan hal yang mudah dalam menentukan perenovasian Anfield karena tidak mungkin perenovasian hanya akan memakan biaya yang sedikit dibanding membangun stadion baru. " Dalam kasus ini, tidak ada sama sekali pertanyaan kalau merenovasi Anfield akan menghabiskan biaya yang sedikit dari pada membangun yang baru. Stadion baru tentu mempunyai banyak kebaikan, modern, lebih banyak fungsinya dan mudah untuk membangunnya. Bagaimanapun juga, sebuah stadion yang berkapasitas 60.000 juga menghabiskan biaya yang banyak di saat yang bersamaan perenovasian Anfield menghabsikan biaya yang sama dengan kedua opsi menambah setidaknya 16.000 tempat duduk " jelasnya mengenai kebaikan membangun stadion baru

Ian Ayre juga menjanjikan semua proses hak penamaan stadion yang nanti akan di lelang ke sponser dipastikan akan berjalan lancar. Dengan hanya berkapasitas 45.276 tempat duduk, Anfield memang perlu mengalami pembaharuan di segala sektor terutama menyangkut mengenai kapasitas stadion tersebut. Jika menilik kebelakang, Arsenal merindukkan atmosfer semangat yang dulu tersaji di Highbury setelah mereka pindah kandang ke Emirates Stadium. Jika nantinya Liverpool harus pindah ke stadion baru, belum pasti suasana yang selama ini ada di Anfield akan terhadir di stadion tersebut. Namun jika harus memilih untuk merenovasi atau membangun stadion baru dengan opsi biaya yang sama, mungkinkah anda berpikir untuk berpaling dari Anfield ???

No comments:

Post a Comment