Sunday, September 02, 2012

Gerrard: Tentang Kegagalan di Liga, Aku Yang Tanggung Jawab

Liverpool - Titel Liga Inggris menjadi satu-satunya mimpi dan harapan bagi seorang Steven Gerrard untuk direalisasikan. Sejak bergabung dengan tim akademi di usia 9 tahun, kapten Liverpool ini selalu berkata kalau gelar Liga menjadi obsesi dan prioritas utamanya.

14 musim sudah dia habiskan bersama The Reds dan musim 2008-2009 mungkin menjadi satu-satunya musim di mana sosok legendaris tersebut dekat dengan gelar impiannya. Namun Gerrard tidak ingin menyalahkan segala aspek yang mempengaruhi perjalanan meraih titel tersebut. "Aku tidak menyalahkan siapapun. Aku tidak mengeluh kalau aku belum juara liga karena pemilik klub pergi, karena Rafa Benitez menjual Xabi Alonso dan Javier Mascherano ingin bermain untuk Barcelona." jelas Gerrard.

"Aku bisa saja menyalahkan hal-hal tersebut karena aku belum memenangkan liga. Tetapi musim saat kita finish kedua, kita mengalami dua atau tiga kebodohan saat bermain di kandang dan aku ada di tim itu. Aku bermain saat itu. Aku harus bertanggung jawab atas semuanya. Aku mungkin harus melihat diriku dulu sebelum menyalahkan hal yang lain. Mudah memang untuk menyalahkan orang lain di sepakbola." lanjutnya.

Fakta kalau belum ada gelar liga yang disematkan kepada dirinya dan Liverpool diakui Gerrard menjadi satu-satunya lubang besar yang harus segera ditutup. Namun dirinya enggan terus-terusan disindir mengenai titel liga yang belum diraihnya. "Tentunya, ini adalah satu lubang besar dalam karirku dan mungkin aku takkan pernah memenangkan liga sekarang ini. Tetapi aku telah melakukan semua hal. Aku tidak menyesal. Aku ingin sekali memenangakn Liga Inggris dan aku masih lapar akan hal tersebut. Tetapi aku tahu kalau aku harus bersikap realistis dan mungkin klub ini akan memenangkan liga saat aku tidak bermain lagi." ucap Gerrard.

"Tetapi apa yang harus aku lakukan? mudah memang untuk berkata aku ingin pergi saja. Tetapi aku belum merasa cukup. Aku ingin meraih gelar yang lain. Aku telah memenangkan piala yang terbaik. Semua orang berkata aku takkan pernah memenangkan Liga Inggris tetapi banyak pemain yang telah punya gelar Liga Inggris tetapi belum pernah mengangkat trofi Eropa." cetusnya.

Dan berkaca kepada sudah banyak gelar yang dia raih, Gerrard merasa optimis dirinya dapat merebut titel idamannya tersebut meski waktunya sudah tak lama lagi. "Aku kapten tim ini dan aku mendapatkan 90 persen atas apa yang aku perjuangkan. Aku juga hampir mendapatkan caps ke-100 bersama Inggris. Aku juga menjadi kapten Inggris dan aku telah memenangkan banyak gelar. Dan sekarang, aku berpikir tentang apa yang aku dapat raih dalam dua hingga tiga tahun mendatang saat aku masih merasa kuat." harap Gerrard.

No comments:

Post a Comment