Thursday, May 10, 2012

Graeme Souness: Gerrard Harus Mulai Hemat Tenaga

London - 14 tahun sudah Steven Gerrard membela klub yang dia cintai sejak kecil, Liverpool dan 14 sudah Steven Gerrard merasakan berada di atas dan di bawah karir sebagai pesepakbola profesional. Jelang pergantian usia yang ke-32, banyak pengamat mengantakan bahwa kinerja kapten Liverpool ini sudah menurun sejak dua tahun belakangan. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah dera cedera yang berkepanjangan.

Meskipun demikian, beberapa pengamat lainnya menilai Gerrard masih mampu menjalani perannya sebagai sentral permainan The Reds dalam dua hingga tiga tahun kedepan asalkan dirinya merubah gaya permainan seperti biasanya menjadi lebih tenang. Hal ini diungkapkan oleh mantan manajer Liverpool era 90-an Graeme Souness saat memberikan opini seputar Gerrard.

"Anda berharap Steven Gerrard kembali bugar kembali tahun depan karena dia telah membawa tim ini ke puncak penampilannya selama enam hingga tujuh tahun." lihatnya.

Sounnes juga menafsirkan cedera Gerrard yang disebabkan oleh faktor usia adalah salah satu penyebab yang turut andil dalam menurunnya peforma pemain kelahiran Whiston, 31 tahun yang lalu. "Dia salah satu-satunya pemain yang paling berpengaruh di tim dan dapat membuat perbedaan dalam pertandingan besar. Mungkin dia sedang berada dijalur menurun dalam karirnya. Aku harap aku salah tetapi cedera-cederanya mulai memainkan bagian di mana sering terjadi saat Anda berada di usia di atas 30 tahun." pandang Sounnes.

"Dia pemain yang bermain dengan gaya atletis dan memacu habis energinya dalam setiap pertandingan. Dan saat usia Anda bertambah, saat itulah Anda mulai merusak otot-otot Anda. Mungkin, dia harus mengubah gaya bermainnya, lebih kalem, menjadi pemain bertahan di masa depan dan tidak memaksa untuk maju ke depan dan mencetak gol." sarannya.

Musim ini, Steven Gerrard total hanya bermain 21 pertandingan dan mampu menyarangkan sembilan gol. Dengan satu lagi gelaran EURO terakhir untukknya, apakah Gerrard akan mulai merubah permainannya pada musim depan?

No comments:

Post a Comment