Sepakbola bukan lah lagi hanya menjadi sebuah olahraga semata, namun di zaman modern ini, sepakbola telah berkembang menjadi sesuatu yang dinilai para-para pengusaha sebagai mesin pencari uang yang modern. Sebut saya Roman Abramovic yang rela merogoh kocek yang dalam hanya untuk dapat menguasai kepemilikan Chelsea pada awal 2000-an lalu yang sekarang sudah seperti mesin pencair uang. Dalam hal ini, kekuatan manajemen dalam sepakbola lah yang menentukan bagaimana suatu sistem finansial dalam sebuah klub sepakbola bisa berjalan dan mampu menghasilkan tumpukan poundsterling di gudang penyimpanan uang. Berikut ini adala petikan wawancara antara James Taylor dengan managing director Liverpool, Mr Ian Ayre yang telah membawa perkembangan pesat sekitar 85 % dalam sisi pendapatan komersial sejak 2007. Berikut petikan wawancaranya
JT: Ketika pertama kali tiba di Liverpool, masalah apa saja yang butuh perbaikan?
IA: Bagi saya yang merupakan seorang fan Liverpool dan sebagai seseorang yang pernah bekerja di sisi komersial sepakbola, hal itu cukup jelas bahwa Liverpool tidak menonjolkan kualitasnya kala itu dalam hal komersial. Itu tidak benar-benar memanfaatkan pertumbuhan sepak bola. Pemasukan telah tumbuh berkembang untuk hampir semua klub secara sendirinya karena ukuran besar kontrak dengan media dan sebagainya, tetapi dalam kasus Liverpool, klub itu sendiri tidak diarahkan untuk mendukung dan mengelola pertumbuhan pendapatan itu sendiri. Ini seperti sebuah toko yang berubah menjadi superstore tanpa membawa staff di dalamnya
JT: Apakah situasi saat itu lebih buruk daripada apa yang anda harapkan?
IA: Sangat buruk Kejutan terbesar adalah kurangnya bagian tubuh dalam manajemen di daerah inti pengelolaan pendapatan tersebut. Tampaknya ada lapisan manajemen menengah yang hilang, ditambah seluruh lapisan infrastruktur. Banyak unsur-unsur komersial yang di-outsourcing oleh sponsor, bisnis ritel, media, bahkan katering - dan elemen-elemen ini adalah inti dari bagaimana Anda menyebarkan dan mengembangkan sebuah klub sepak bola besar dengan jangkauan yang benar-benar di seluruh dunia. Jadi kami pada saat itu merugi.
JT: Jadi apa yang anda lakukan saat itu?
IA: Jika Anda ingin memanfaatkan peluang dan memberikan hal yang terbaik untuk para penggemar, Anda pastinya membutuhkan orang yang memahami apa yang membuat klub ini spesial dan unik, dan apa yang membuat orang - baik di Liverpool atau di Singapura - mendukungan klub. Jadi saya mempekerjakan enam manajer senior baru di enam jurusan yang berbeda. Setelah kami bawa orang-orang di jalur apa yang mereka kuasai dalam 6 bidang yang berbeda, kita bisa mulai membawa semua elemen kembali .
Yang pertama adalah menyewa pada sisi manajemen hubungan customer. Sebuah klub seperti Liverpool memiliki sejumlah besar koneksi dengan penggemarnya setiap hari - online, melalui telepon, di klub-klub pendukung - tapi tak seorang pun menangkap data mereka dan menggunakannya untuk membangun hubungan dua arah dengan mereka. Dan jika Anda tidak tahu siapa pelanggan Anda, atau di mana mereka, bagaimana anda bisa melayani mereka dengan baik dan memastikan ada hal yang bagi mereka tertarik untuk dibeli dan dinikmati? Jadi kita menciptakan sesuatu yang disebut The View Single From Fan, yang berarti bahwa jika anda berinteraksi dengan klub dalam kapasitas apa pun, kami dapat menangkap data dan menciptakan identitas individu untuk Anda. Ada yang lebih buruk sebagai konsumen daripada dibombardir dengan informasi tentang hal Anda tidak tertarik
Kami juga membeli media digital hasil patungan. Sponsor dijual oleh Granada sebagai bagian dari JV, jadi kami membawa itu kembali di rumah juga. Dan lebih baru-baru ini kami juga telah memisahkan diri kita dari JV kita di sisi ritel. Jadi intinya, kami lebih mengendalikan nasib kita sendiri. Sejak itu, setiap elemen tunggal bisnis komersial kami telah berkembang. Pendapatan kami adalah dengan 85% selama periode, termasuk salah satu kesepakatan sponsor kaos terbesar di sepak bola.
JT: Jadi, cara bagaimana yang anda tempuh untuk menemukan kesepakatan dengan Standard Chartered? apakah sulit?
IA: Nah kita telah mempunyai 13 atau 14 sponsor berbeda sekarang, dan pendekatan yang berbeda untuk kategori yang berbeda seperti bir, biro perjalanan dan sebagainya. Tapi kita selalu berusaha untuk menghindari pendekatan ekstrim untuk menjual apa pun, jadi kami membuat suatu daftar orang di setiap kategori. Tidak semua orang melakukan ini, tapi kami menghabiskan banyak waktu sebelum kita pergi ke pasar saham untuk menganalisis siapa yang di pasar saham itu dan siapa yang menghabiskan uang - jika kita sedang mencari kesepakatan 5m untuk sponsor , tak ada gunanya kita mengetuk pintu elektronik suatu perusahaan yang hanya memiliki £ 500k untuk dibelanjakan. Kesepakatan kaus jelas sedikit berbeda seperti yang kita melihat di seluruh kategori - tetapi kita hanya melakukan yang tepat, baik dikembangkan untuk sekitar 15 perusahaan, walaupun kami sangat yakin kami akan mencapai tingkat yang kami akhirnya dapat capai. Kami hanya menargetkan orang yang sudah menunjukkan ketertarikan di olahraga, yang kita tahu akan memahami cara bekerja dengan sebuah klub seperti Liverpool, dan, jika mungkin, yang budaya dan nilai-nilai sama dengan kita. Kami akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan enam perusahaan di keputusan akhir dan semua dalam finansial kisaran yang sama
JT: Jadi, di tahap tersebut, apakah selalu berbau memilih perusahaan dengan nilai cek terbesar?
IA: Kami tidak benar-benar memilih salah satu mitra kerja dengan jumlah uang terbesar atau perusahaan lain yang menawarkan uangnya lebih. Namun apa Standard Chartered punya adalah apa yang kami pikir lebih berharga daripada tambahan 20% atau apa pun. Ada kemiripan yang nyata dalam hal jenis bisnis yang mereka lakukan, bagaimana mereka melakukan sendiri, apa yang mereka targetkan dalam pasar saham demi perkembangan; dan bagaimana mereka akan berusaha untuk mengaktifkan sponsor internal. Dan saya pikir itu benar-benar pilihan yang tepat. Bahkan dalam satu musim anda dapat melihat berapa banyak sisi baiknya yang mereka telah diperoleh dengan menjadi mitra kami, dan sebaliknya.
JT: Anda menyebutkan bahwa Liverpool adalah sebuah brand yang unik, mengapa?
IA: Saya rasa hal tentang Liverpool sangat inklusif, kembali ke cita-cita sosialis Shankly, jika Anda suka - gagasan bahwa kita semua ini bersama, bahwa kita saling menjaga maka ada banyak contoh yang terjadi selama bertahun-tahun, dan saya pikir hal itu yang bergema ke luar. Aku telah menghabiskan banyak waktu di Asia, dan hal itu mencerminkan ada banyak nilai-nilai penting yang dapat kita ambil di banyak negara-negara Asia -yaitu tentang keluarga, tentang memelihara dan memiliki menghormati satu sama lain. Ini hal kecil, seperti kenyataan bahwa ketika tim datang ke Anfield dan mengalahkan kami, para fans akan berdiri dan bertepuk tangan mereka di akhir - Aku belum pernah melihat itu di tempat lain.
JT: Menurut anda, apakah para penggemar menerima sisi komersil dalam sepakbola belakangan ini?
IA: Seseorang berkata kepada saya bahwa jika Anda mengambil sebuah klub seperti Manchester United, orang-orang akan ada yang mencintai mereka atau membenci mereka - ini efek Marmite. Tapi dengan Liverpool, kita lebih seperti tim favorit semua orang. Jadi, ketika anda mempunyai tanggung jawab dalam penjualan dan pemasaran brand, Anda harus menjaga hal itu dalam pikiran anda Bagian dari atraksi kita adalah bahwa kami tidak konfrontatif, Anda harus mengerti betapa berharganya hal-hal tertentu yang. Tentu saja, tidak ada orang-orang yang mengatakan saya setiap minggu bahwa kita tidak harus melakukan hal ini atau itu.namun hal itu sendiri yang akan menemukan jalan tengahnya. Dan itu juga tentang mendidik penggemar di berbagai tempat - apa yang penggemar di Merseyside pikirkan atau inginkan belum tentu apa yang penggemar di tempat lain berpikir. Jadi, Anda harus menjelaskan kadang-kadang: produk yang kami buat ini bukan untuk anda - tidak masalah jika Anda tidak suka, karena itu tidak ditargetkan pada Anda. Semuanya kembali ke pelanggan individu, dan menyediakan berbagai pilihan yang jauh lebih besar bagi orang-orang.yang berminat
.
No comments:
Post a Comment