Sunday, September 25, 2011

Benamkan Wolverhampton, Liverpool Dekati Newcastle

Liverpool - Satu gol bunuh diri dari Roger Johnson dan sebuah gol cantik Luis Suarez berhasil membawa The Reds mengatasi tim tamu, Wolverhampton dalam lanjutan Liga Inggris pada Sabtu, 24/9.2011 di Anfield. Dengan hasil ini, Liverpool bertengger dia posisi kelima dengan hanya terpaut dua poin dari Newcastle United di posisi keempat yang pada bersamaan berhasil menaklukan Blackburn Rovers dengan skor 3-1 

Bermain menyerang sejak menit pertama, Liverpool benar-benar memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Beberapa kali serangan yang lakukan oleh Stewart Downing dan Jordan Henderson dari kedua sayap merepotkan pertahanan lawan. Belum lagi beberapa pergerakan-pergerakan menusuk ala Luis Suarez benar-benar sedikit membuat pertahanan Wolves kalang kabut. Tidak membutuhkan waktu lama bagi anak-anak asuhan Kenny Dalglish untuk mencetak gol, karena saat jarum jam menunjukkan menit ke 11, gol bunuh diri Roger Johnson membuat Liverpool unggul. Berawal lagi umpan silang Martin Kelly dari kiri pertahanan Wolves yang masih dapat dipatahkan oleh pemain belakang Wolves, bola tersebut menghampiri Stewart Downing yang berdiri bebas di kanan pertahana Wolves sebelum menyodorkan bola tersebut ke Charlie Adam yang tidak berdiri jauh darinya. Melihat peluang untuk melepaskan tendangan, Adam tidak terburu-buru rupanya. Dengan mengelabui satu pemain Wolves yang menghampirinya, Adam akhirnya melepaskan tendangan kaki kirinya yang membentur kepala kapten Wolverhampton, Roger Johnson sebelum bersarang ke gawang Wayne Hennessey. 1-0 untuk Liverpool.

Gol tersebut ternyata memberikan dampak positif bagi permainan Liverpool. Melalui permainan bola-bola daerah dan umpan-umpan mendatar yang akurat, memberikan kenyamaaan para Liverpudlian yang hadir di Anfield. Atsmofer kegembiraan akhirnya meledak kembali pada menit ke 38 saat Luis Suarez berhasil menyarangkan sebuah gol indah dengan menunjukkan kualitas skill dan ketenangan dalam mengesekusi sebuah peluang. Mendapatkan umpan lambung dari Jose Enrique, Suarez beradu kecepatan dengan pemain belakang Wolves, Christopher Berra dan melakuakan beberapa trik sebelum mampu menaklukan Wayne Hennessey kembali. 2-0 untuk Liverpool dan keunggulan ini berhasil dijaga The Reds hingga turun minum.

Di babak kedua, manajer Wolves, Mick McCarthy menginstruksikan anak buahnya untuk tampil lebih naik menyerang. Alhasil, pertahanan Liverpool sedikit kerepotan dengan serangan Wolves terutama melalui Jamie O'Hara dan Steven Fletcher di kanan pertahanan Liverpool. Hampir sepenuhnya mendominasi pertandingan di menit-menit awal babak kedua berjalan, akhirnya pada menit 49, Wolverhampton berhasil menceploskan satu gol melalui Steven Fletcher setelah memanfaatkan sedikit kemelut di depan gawang Pepe Reina. 1-2 keunggulan masih untuk Liverpool. Tidak banyak yang memprediksi pertandingan ini akan berakhir dengan hasil seri walaupun Wolves mendominasi hampir sepanjang babak kedua sampai pada menit 71, Kenny Dalglish memutuskan untuk memasukkan Dirk Kuyt untuk menggantikan Jordan Henderson. Masukknya Kuyt sedikit membantu intensitas serangan Liverpool dengan terciptanya beberapa ancaman yang dilakukan oleh Stewart Downing, Andy Carrol dan Luis Suarez. 

Akan tetapi King Kenny rupanya masih merasa kurang puas. Akhirnya pada menit 81, Dalglish memasukkan Steven Gerrard untuk menggantikan Luis Suarez yang nampak terlihat kelelahan. Bagi Steven Gerrard, ini adalah pertandingan pertamanya di Anfield setelah absen karena cedera pangkal pahanya yang memaksa dirinya untuk beristirahat sselama 6 bulan. Masukknya Kuyt dan Gerrard memberikan sedikit warna baru serangan Liverpool. Beberapa kali kerjasama mereka berdua menghasilkan beberapa peluang yang mengancam. Sampai peluit dibunyikan wasit Friend, Liverpool masih dalam keunggulan 2-1 atas Wolves dan tiga poin berhasil mereka kantungi. YNWA

Statistik Pertandingan 

Possession : Liverpool 52% - Wolves 48%
Attempts on target: Liverpool 6 - Wolves 6
Attempts off target: Liverpool 8 - Wolves 5
Corners: Liverpool 7 - Wolves 2
Fouls: Liverpool 15 - Wolves 6

No comments:

Post a Comment